Tips Persiapan Berangkat Umroh


  
 Bicara soal waktu, meski umrah bisa dilakukan kapan saja, pemilihan waktu sendiri sebenarnya cukup penting. Ini ada hubungannya dengan kondisi Arab Saudi yang memiliki iklim gurun. Pada musim panas (Juni-Agustus) suhu udara bisa mencapai lebih dari 45 derajat celcius. Sebaliknya pada musim dingin (November-Februari) suhu pada siang hari 38-42 derajat celsius, sementara malam bisa mencapai 8 derajat celsius. Pada bulan Maret-Mei, cuaca bisa dikatakan sedang sejuk dan lebih bersahabat. Mengingat cuaca yang begitu panas, ada baiknya memilih waktu sesuai dengan kondisi Anda. Jika Anda termasuk orang yang mudah lelah, atau Anda memilih beribadah dengan rasa nyaman, pilihlah waktu dengan cuaca bersahabat. Pasalnya, setelah melalui penerbangan yang lumayan panjang (sekitar 10 jam penerbangan) dan perbedaan waktu lebih kurang 4 jam di belakang waktu Jakarta (GMT+3), Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu dengan beribadah yang dilakukan tidak hanya di dalam masjid, tapi juga di ruang terbuka.
Persiapan Fisik
a. Olahraga teratur.
  • Lari-lari kecil, jalan kaki atau melakukan aktifitas olahraga lainnya setiap pagi untuk melatih                      kebugaran badan.
b. Menjaga Pola Makan Sehat.
  • Penyakit sering bermula dari kebiasaan-kebiasaan buruk, termasuk pola makan yang tidak sehat.            Membiasakan mengenali jenis-jenis makanan disertai cara makan yang baik akan sangat membantu      mereka membangun gaya hidup yang lebih sehat. Mengonsumsi berbagai kelompok makanan                adalahkunci agar tubuh anak mendapat nutrisi lengkap. Memilih untuk hanya mengonsumsi jenis            makanan tertentu dan menolak makanan lain berisiko membuat tubuh kekurangan nutrisi tertentu.
c. Membiasakan konsumsi air putih
  • Membiasakan minum multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Biasanya tubuh membutuhkan          multivitamin untuk menjaga tetap bugar dan sehat selama melakukan aktifitas yangmembutuhkan            energi yang banyak.
d. Melakukan General Check Up
  • Pemeriksaan kesehatan atau Medical Check Up (MCU) sendiri adalah suatu rangkaian uji kesehatan        yang dilakukan secara menyeluruh dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara                  berkala. Jadi dengan melakukan MCU kita dapat mengetahui sejak dini penyakit apa saja yang sudah      bersarang atau kemungkinan menyerang tubuh kita.
e. Melakukan Cek Kehamilan Untuk Perempuan
f. Melakukan Vaksinasi
 Untuk mencegah terjadinya penyakit radang selaput otak, maka diperlukan pemberian vaksin                   meningitis bagi setiap orang yang akan berpergian ke suatu tempat yang terdapat banyak orang,             seperti saat menjalankan ibadah haji atau umroh. Hal tersebut sudah menjadi peraturan yang                   ditetapkan Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Seseorang yang tidak memiliki bukti sudah pernah           menerima vaksin meningitis maka, tidak mendapatkan VISA haji.

  1. Persiapan Mental
a. Kita harus meluruskan niat semata-mata beribadah karena menyambut seruan Alloh taala. Niat akan    menentukan amal yang akan dikerjakan, dengan lurusnya niat semoga akan membantu dalam                  mengerjakan umroh yang kita kerjakan dengan sempurna.
b. Bertaubat atas semua kesalahan yang pernah dikerjakan. Kita tentu saja sulit mengingat-ingat hal        yang sudah dilakukan d masa lalu apakah menyakiti orang atau tidak Oleh karena itu lebih baik bila        sebelum berangkat umroh kita meminita maaf terutama kepada ayah, ibu, keluarga dan tetangga dekat.
c. Belajar mengetahui hukum-hukum agama seputar ibadah umroh misalnya hal yang dilarang selama      umroh termasuk juga hal yang berkaitan dengan itu misalnya sholat dalam perjalanan, cara tayamum,  waktu-waktu sholat, cara mengerjakan sholat sunah dan adab pergaulan sesama muslim.
d. Melunasi hutang, mengembalikan barang titipan termasuk juga mencari sumber dana yang halal yang  akan digunakan untuk biaya umroh. Termasuk  juga biaya untuk keluarga yang kita tinggalkan yang      menjadi tanggungan kita.
e. Menjaga amalan baik yang wajib dan sunah, supaya nanti kita juga terbiasa menjaga amalan selama    di tanah suci karena salah satu indikasi umroh yang      mabrur adalah tidak tertinggal dalam hal yang      wajib maupun yang sunah.
Menggapai berkah menuju Baitullah bersama HJTours

Informasi : 
0813 8354 2001
0818 0860 8308
0812 9036 571
Share:

Promo Akhir Tahun Umroh Bersama HJ Tours 4 November 2019

Umroh Berkah 2019 Sembilan Hari Perjalanan Alhamdulillah kami panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT dan sholawat dan salam...

Label

Jumlah Pengunjung Website